Selasa, 11 Desember 2012

PERTEMUAN KE-2



·         Perancangan Tampilan
Yang harus dimiliki oleh perancang tampilan adalah Jiwa seni yang memadai  dan mengetahui selera user secara umum . Jenis program aplikasi:
1.       Special purpose software
2.       General purpose software

·         Special Purpose Software
Yaitu program aplikasi untuk keperluan khusus dengan user yang khusus pula (special purpose software). Mis: program inventori gudang, pengelolaan data akademis mahasiswa, pelayanan reservasi hotel. Pendekatan yang digunakan:
1.       User-centered design approach: perancang dan user bersama-sama membuat tampilan antarmuka
2.       User design approach: hanya user yang membuat tampilan antarmuka

·         General Purpose Software
Yaitu program aplikasi yang akan digunakan oleh berbagai macam kalangan user. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah user dapat melakukan perubahan tampilan sesuai dengan keinginannya sendiri (customization), mis: merubah warna dasar, pengaturan desktop, wallpaper, screensaver, dll .

·         Komponen Antarmuka Pengguna
1.       Model pengguna
2.       Bahasa perintah
3.       Umpanbalik
4.       Tampilan informasi

·         Urutan Perancangan
1.       Pemilihan ragam dialog
2.      Perancangan struktur dialog
3.       Perancangan format pesan
4.      Perancangan penanganan kesalahan
5.      Perancangan struktur data

·         Penanganan Kesalahan
1.      Validasi pemasukan data
2.       Proteksi user
3.       Pemulihan dari kesalahan
4.       Penampilan pesan salah yang tepat dan sesuai dengan kesalahan yang terjadi pada waktu itu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar