Selasa, 11 Desember 2012

PERTEMUAN KE-3



Faktor Manusia

Pendahuluan

·            Aspek dalam sistem komputer
1.          Aspek hardware
2.          Aspek software
3.          Aspek brainware
·            Kegiatan memodelkan manusia adalah kegiatan yang cukup sulit karena manusia menggunakan panca indera
·            Panca indera:
1.       Mata: benda, ukuran, warna, bentuk, kepadatan, dan tekstur
2.       Telinga: nada, warna nada, pola titik nada, intensitas, frekuensi
3.       Hidung: membedakan bau
4.       Lidah: membedakan rasa manis, kecut, pahit, asin
5.       Kulit: merasakan tekanan dan suhu

·            Kecapakan Manusia dan Komputer
Kecakapan Manusia
Kecakapan Komputer
Estimasi
Kalkulasi akurat
Intuisi
Deduksi logika
Kreatifitas
Aktifitas perulangan
Adaptasi
Konsistensi
Kesadaran serempak
Multitasking
Pengolahan abnormal/perkecualian
Pengolahan rutin
Memori asosiatif
Penyimpanan dan pemanggilan kembali data
Pengambilan keputusan non-deterministik
Pengambilan keputusan deterministik
Pengenalan pola
Pengolahan data
Pengetahuan duniawi
Pengetahuan domain
Kesalahan manusiawi
Bebas dari kesalahan












Istilah dalam Penglihatan/Visual
·         Luminans
1.       Banyaknya cahaya yang dipantulkan oleh permukaan obyek
2.       Semakin besar luminans sebuah obyek, rincian obyek yang dapat dilihat oleh mata akan semakin bertambah

·         Kontras
1.       Selisih antara luminans obyek dengan luminans latar belakang.
2.       Nilai kontras dapat positif atau negative.
3.       Nilai kontras negatif akan membuat obyek tidak nampak .
·         Kecerahan
1.       Tanggapan subyektif pada cahaya .
2.       Tidak ada kaitan dengan luminans dan kontras, namun luminans dapat berimplikasi pada kecerahan .
·         Sudut dan ketajaman penglihatan
1.       Sudut penglihatan (visual angle): sudut yang dibentuk antara obyek dengan mata
2.       Ketajaman penglihatan (visual acuity): sudut penglihatan minimum ketika mata masih dapat melihat sebuah obyek dengan jelas
·         Medan penglihatan: sudut yang dibentuk ketika mata bergerak ke kiri terjauh dan ke kanan terjauh
1.          Daerah I, penglihatan binokuler
2.          Daerah II, penglihatan monokuler kiri
3.          Daerah III, penglihatan monokuler kanan
4.          Daerah IV, daerah buta

Penggunaan Warna yang Efektif
·         Aspek psikologis
1.       Hindarkan penggunaan warna berikut secara bersama-sama seperti cyan, magenta, dan kuning karena dapat menimbulkan kelelahan mata
2.       Hindarkan warna biru untuk garis tipis, teks dan bentuk kecil, sebab sistem penglihatan kita tidak disiapkan untuk rangsangan yang tajam, terinci dan bergelombang pendek
3.       Pertimbangkan warna tajam untuk pengguna usia tua
·         Aspek psikologis
Warna berlawanan yang dapat digunakan bersama-sama mis: merah-hijau dan biru-kuning. Kombinasi hijau-biru memberikan citra jelek
·         Aspek kognitif
1.       Waspadalah terhadap manipulasi warna secara tidak linier
2.       Kelompokkanlah elemen-elemen yang saling berkaitan dengan warna latar belakang yang sama

Memori Manusia
1.       Sensory stores
2.       Short-term memory
3.       Long-term memory


Tidak ada komentar:

Posting Komentar