Faktor
Manusia
Pendahuluan
·
Aspek dalam sistem komputer
1.
Aspek hardware
2.
Aspek software
3.
Aspek brainware
·
Kegiatan memodelkan manusia
adalah kegiatan yang cukup sulit karena manusia menggunakan panca indera
·
Panca indera:
1. Mata: benda, ukuran, warna, bentuk, kepadatan, dan tekstur
2. Telinga: nada, warna nada, pola titik nada, intensitas, frekuensi
3. Hidung: membedakan bau
4. Lidah: membedakan rasa manis, kecut, pahit, asin
5. Kulit: merasakan tekanan dan suhu
·
Kecapakan Manusia dan Komputer
Kecakapan Manusia
|
Kecakapan Komputer
|
Estimasi
|
Kalkulasi akurat
|
Intuisi
|
Deduksi logika
|
Kreatifitas
|
Aktifitas
perulangan
|
Adaptasi
|
Konsistensi
|
Kesadaran
serempak
|
Multitasking
|
Pengolahan
abnormal/perkecualian
|
Pengolahan rutin
|
Memori asosiatif
|
Penyimpanan dan
pemanggilan kembali data
|
Pengambilan
keputusan non-deterministik
|
Pengambilan
keputusan deterministik
|
Pengenalan pola
|
Pengolahan data
|
Pengetahuan
duniawi
|
Pengetahuan
domain
|
Kesalahan
manusiawi
|
Bebas dari
kesalahan
|
Istilah dalam Penglihatan/Visual
·
Luminans
1. Banyaknya cahaya yang dipantulkan oleh permukaan obyek
2. Semakin besar luminans sebuah obyek, rincian obyek yang dapat
dilihat oleh mata akan semakin bertambah
·
Kontras
1. Selisih antara luminans obyek dengan luminans latar belakang.
2. Nilai kontras dapat positif atau negative.
3. Nilai kontras negatif akan membuat obyek tidak nampak .
·
Kecerahan
1. Tanggapan subyektif pada cahaya .
2. Tidak ada kaitan dengan luminans dan kontras, namun luminans dapat
berimplikasi pada kecerahan .
·
Sudut dan ketajaman penglihatan
1.
Sudut penglihatan (visual angle):
sudut yang dibentuk antara obyek dengan mata
2.
Ketajaman penglihatan (visual
acuity): sudut penglihatan minimum ketika mata masih dapat melihat sebuah
obyek dengan jelas
·
Medan
penglihatan: sudut yang dibentuk ketika mata bergerak ke kiri terjauh dan ke
kanan terjauh
1.
Daerah I, penglihatan binokuler
2.
Daerah II, penglihatan
monokuler kiri
3.
Daerah III, penglihatan
monokuler kanan
4.
Daerah IV, daerah buta
Penggunaan Warna
yang Efektif
·
Aspek psikologis
1.
Hindarkan penggunaan warna berikut
secara bersama-sama seperti cyan, magenta, dan kuning karena dapat menimbulkan
kelelahan mata
2.
Hindarkan warna biru untuk garis
tipis, teks dan bentuk kecil, sebab sistem penglihatan kita tidak disiapkan
untuk rangsangan yang tajam, terinci dan bergelombang pendek
3.
Pertimbangkan warna tajam untuk
pengguna usia tua
·
Aspek
psikologis
Warna
berlawanan yang dapat digunakan bersama-sama mis: merah-hijau dan biru-kuning.
Kombinasi hijau-biru memberikan citra jelek
·
Aspek
kognitif
1. Waspadalah
terhadap manipulasi warna secara tidak linier
2. Kelompokkanlah
elemen-elemen yang saling berkaitan dengan warna latar belakang yang sama
Memori
Manusia
1. Sensory stores
2. Short-term memory
3. Long-term memory
Tidak ada komentar:
Posting Komentar