Pendahuluan
Human
Computer-Interface (HCI)
Istilah lain:
man-machine interaction (MMI), computer and human interaction (CHI), dan
human-machine interaction (HMI). Tujuan nya adalah
·
User friendly (ramah dengan pengguna)
·
WYSIWYG (what you see is
what you get)
·
Mengurangi frustasi,
ketidakamanan, dan kebingungan pada pengguna
·
Implikasi: meningkatkan
kepuasan kerja dan menurunkan tingkat absensi pekerja
Permasalahan
yang muncul:
·
Programer tidak dapat memahami
secara tepat penggunanya, mis: tentang keinginan dan lingkungan kerja pengguna
·
Sistem komputer mengharuskan
pengguna untuk mengingat terlalu banyak informasi
·
Sistem komputer tidak
memberikan ruang untuk toleransi kesalahan
·
Mulai diterapkannya GUI
(Graphical User Interface)
·
Kriteria User Friendly
Definisi
IMK
Sekumpulan
proses, dialog, dan kegiatan di mana
melaluinya pengguna memanfaatkan dan
berinteraksi dengan komputer
Sistem
IMK
HCIS = ƒ
(h,m,e,i,t)
Dimana:
HCIS = sistem
manusia dan komputer
h
= subsistem manusia
m
= subsistem mesin
e
= subsistem lingkungan
i
= interaksi manusia dengan sub-sub sistem
t
= waktu, lamanya interaksi terjadi
Aplikasi
IMK
Perkantoran ,
Kendali proses , Penerbangan , Komunikasi , Desain pekerjaan , Pelatihan/seleksi
.
Piranti
Bantu Pengembangan Sistem
Pertama kali
dikembangkan oleh MacApp oleh Apple pada pertengahan tahun 1980-an
Contoh piranti bantu lainnya: Visual
dBase, Visual BASIC, Visual J++, Visual C/C++, Borland Delphi, dll
Kesalahan
Mendasar Programmer
1. Desain ini memuaskan saya, berarti juga akan memuaskan setiap orang
2. Desain ini memuaskan rata-rata orang, berarti juga akan memuaskan
setiap orang
3. Faktor ergonomi cukup mahal namun demikian produk-produk aplikasi
komputer tetap terjual hanya dengan berdasarkan penampilan dan corak. Jadi
pertimbangan ergonomi boleh diabaikan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar